Apakah Tbc Tulang Menular

Tbc tulang adalah adalah kondisi dimana adanya infeksi oleh bakteri mycobacterium tuberculosis pada tulang bagian belakang, lalu apakah tbc tulang menular ? mengingat jenis penyakit tbc lain utamanya tbc paru sangat mudah menular yakni melalui percikan air pada saat penderita batuk atau bersin.

Apakah Tbc Tulang Menular

Satu dari beberapa jenis penyakit tuberkulosis yang sering dijumpai kasusnya adalah penyakit TBC tulang atau yang dalam istilah medis disebut dengn penyakit pott yaitu kondisi dimana bakteri mycobacterium tuberculosis penyebab tbc menginfeksi bagian tulang belakang seseorang yakni tepatnya areka toraks ( dada belakang ) bagian bawah dan vertebra lumbalis (pinggang belakang) atas.

Infeksi yang terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan matinya jaringan sendi disekitar tulang belakang serta menghancurkan bagian tulang belakang, jika kondisi tersebut terjadi maka bisa membuat penderitanya mengalami kelumpuhan kaki hingga menimbulkan berbagai bahaya tbc tulang.

Penyebab utama dari munculnnya penyakit tbc tulang adalah terpapar bakteri mycobacterium tuberculosis yang tidak sengaja masuk kedalam tubuh akibat dari kita menghirup percikan udara atau air pada saat penderita tbc bersin atau batuk.

Sehingga apabila saat ini anda memiliki anggota keluarga menderita penyakit TBC maka anda memiliki resiko tinggi terkena penyakit tbc salah satunya tbc tulang.

Selain itu ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit tbc tulang, yakni :

  • Tinggal didaerah yang kumuh dan padat
  • Tinggal didaerah dengan kasus TBC tinggi
  • Kekurangan nutrisi
  • Berusia lanjut
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau menurun ( misal : penderita diabetes, ginjal dan kanker )
  • Pecandu alkohol dan narkoba

TBC tulang memiliki gejala yang khas yakni berupa timbulnya sakit disekitar punggung serta ada sebagian penderita yang mengalami tulang punggung bengkok ( kifosis ).

Berikut ini adalah beberapa gejala tbc tulang belakang, yakni :

  1. Demam.
  2. Berkeringat di malam hari.
  3. Kehilangan berat badan.
  4. Anoreksia (gangguan makan) yang memicu penurunan berat badan.
  5. Memiliki posisi tubuh yang tegak dan kaku.
  6. Pembengkakan pada tulang punggung.
  7. Muncul benjolan pada pangkal paha yang menyerupai hernia.
  8. Jika mengenai sistem saraf, kemungkinan akan ada gangguan saraf yang memengaruhi organ-organ tubuh.

Apakah Tbc Tulang Menular ?

Apakah Tbc Tulang Menular ? tentu hal tersebut ada dibenak sebagian orang mengingat jenis penyakit TBC lain seperti TBC paru sangat mudah menular.

Jawabannya : Penyakit TBC tulang tidak menular, hal tersebut karena walaupun penderita tbc tulang mengalami infeksi paru paru umumnya sudah tidak aktif lagi sehingga penderita penyakit tbc tulang jarang yang mengalami batuk dan bersin dan partikel yang dikelurkanpun apabila batuk atau bersin tidak begitu aktif sehingga tidak akan menular.

Walaupun tbc tulang tidak menular namun tidak ada salahnya jika tetap waspada dari kemungkinan yang tidak kita inginkan yakni dengan melakukan pencegahan, utamanya bagi anda yang memiliki anggota keluarga menderita penyakit tbc tulang.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan agar terbebas dari penyakit tbc tulang dalah dengan meningkatkan atau menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara paling efektif dan mudah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah melakukan olahraga teratur, istirahat cukup dna mengkonsumsi makanan sehat ( contoh : madu, buah sarikaya, pisang, strawberry, jeruk dan sayuran ).

Selanjutnya jika anda akan melakukan aktivitas dengan penderita Tbc tulang maka sebaiknya anda menggunakan masker dan segera menghindari jika penderita tbc tulang terlihat akan bersin atau batuk.

Dan yang tak kalah penting agar anda merasa aman dan terbebas dari penyakit tbc tulang adalah melakukan vaksinasi Bacillus Calmette-Guerrin atau BCG utamanya jika anda belum pernah melakukannya.

Semoga informasi singkat tentang apakah tbc tulang menular atau tidak ini bisa bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami ini dan salam sehat !

Baca Juga :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *