Makanan Untuk Penderita Infeksi Ginjal

Bagi anda penderita infeksi ginjal, berikut ini daftar makanan untuk penderita infeksi ginjal yang dianjurkan dikonsumsi secara rutin guna membantu proses penyembuhan dan pengobatan infeksi ginjal.

Makanan Untuk Penderita Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal termasuk kedalam salah satu penyakit infeksi saluran kemih ( ISK ) yakni kondisi dimana bakteri berpindah dari kandung kemih ke organ ginjal, akibatnya fungsi dari ginjal terganggu dan apabila terjadi secara terus menerus bisa mengakibatkan kerusakan ginjal secara permanen.

Tidak hanya sebatas bisa menyebabkan kerusakan ginjal secara permanen ( gagal ginjal ) infeksi ginjal yang tidak mendapatkan penanganan secara serius juga bisa menyebabkan infeksi darah yang bisa mengancam jiwa penderitanta.

Maka dari itu sangatlah penting untuk melakukan pengobatan infeksi ginjal dengan serius hingga tuntas agar bahaya akibat infeksi ginjal bisa dihindari.

Secara normal, saluran kencing memiliki cara tersendiri agar tidak mengalami infeksi yakni dengan mengeluarkan air seni secara berkala dimana proses pengeluaran aiar seni tersebut akan ikut membilas ginjal dan kandung kemih sehingga tak ada kuman yang menginfeksi.

Akan tetapi jika jumlah bakteri yang terdapat lebih banyak atau proses pengeluaran air seni terganggau maka hal tersebut bisa menyebabkan infeksi ginjal dan berbagai infeksi saluran kemih lainnya.

Penyebab Infeksi Ginjal

Sebab utama dari munculnya penyakit infeksi ginjal adalah bakteri E. coli ( Escherichia coli ) yang berpindah dari saluran kemih yang umumnya bakteri ini masuk melalui mrs.V, anus dan kulit. Bakteri ini lebih mudah masuk pada tubuh wanita karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek dibandingkan dengan pria.

Selain bakteri ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit infeksi ginjal, berikut beberapa faktor tersebut yakni :

  • Aktif dalam berhubungan suami isteri
  • Wanita hamil
  • Batu ginjal
  • Kateter kandung kemih (kateter Foley)

Gejala Infeksi Ginjal

Seseorang yang terkena penyakit infeksi ginjal umumnya akan merasakan beberapa keluhan atau gejala sebagai berikut :

  • Demam
  • Panas dingin.
  • Mual dan muntah.
  • Merasa kelelahan.
  • Sensasi terbakar ketika buang air kecil (disuria)
  • Nyeri tumpul di punggung kiri/ kanan atau sakit punggung bagian bawah (nyeri ginjal tumpul).

Segera lakukan tindakan yang cepat dan tepat jika beberapa keluhan tersebut mulai anda rasakan salah satunya adalah dengan menemui dokter atau melakukan pengobatan infeksi ginjal secara alami sendiri dirumah.

Selain itu, untuk membantu proses penyembuhan penyakit jika saat ini sedang dalam masa pengobatan maka langkah tepat yang bisa dilakukan untuk membantu proses penyembuhan adalah dengan memilih makanan yang tepat yakni makanan yang memiliki manfaat mampu mengobati penyakit infeksi ginjal. Apa saja makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal tersebut ? berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Daftar Makanan Untuk Penderita Infeksi Ginjal

Berikut ini adalah daftar makanan untuk penderita infeksi ginjal yang dianjurkan dikonsumsi secara rutin oleh pasien penderita infeksi ginjal guna membantu proses penyembuhan penyakit sehingga pengobatan yang dilakukan berjalan maksimal. yaitu :

1. Susu Fermentasi Atau Yogurt

Salah satu makanan atau lebih tepatnya minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita infeksi ginjal adalah yogurt dimana minuman ini mengandung probiotik serta bakteri sehat yang bagus untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan, namun disamping itu probiotik juga dapat melindungi saluran kemih dari infeksi.

Lebih dari itu yogurt atau susu fermentasi juga mengandung protein tinggi yang dapat mendukung perkembangan jaringan ramping serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengandung nutrisi berupa vitamin D dan kalsium.

2. Seledri

Banyak yang tidak menyadari bahwa sayuran yang memiliki harus khas ini memiliki manfaat baik untuk ginjal diantaranya adalah mampu mengobati peradangan akibat infeksi pada ginjal berkat adanya beberapa kandungan vitamin dan mineral.

Seledri juga terbukti mengandung serat tinggi, kandungan air serta vitamin C yang mambu membantu memperbaiki kerusakan jaringan ginjal serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna mencegah terjadinya infeksi dan peradangan pada ginjal.

3. Pepaya Pisang Dan Semangka

Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan ketiga buah tersebut memiliki manfaat baik untuk penderita infeksi ginjal karena mengandung vitamin B, selain mampu mengatasi infeksi ginjal kandungan vitamin B dalan ketiga buah tersebut juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh kita dengan lebih cepat.

4. Anggur Merah

Anggur juga merupakan makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal karena mengandung flavonoid tinggi. Hal tersebut ditandai timbulnya warna merah pada buah tersebut, manfaat kandungan flavonoid dalam anggur merah adalah membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung serta mencegah adanya oksidasi dan mengurangi penggumpalan darah.

Tidak hanya itu, didalam flavonoid terdapat serveratrol yang mampu merangsang produksi oksida nitrat yang berguna untuk mengendurkan macam sel otot di dalam pembulih darah sehingga aliran darah akan lebih lancar.

Khasiat flavonoid dalam anggur merah juga mampu melindungi tubuh dari serangan kanker dan mampu mencegah peradangan khususnya pada bagian ginjal.

5. Mentimun

Salah satu makanan untuk penderita infeksi ginjal yang mudah ditemukan adalah mentimun buah yang termasuk sayuran ini dapat membantu menghilangkan racun atau tokisin dari tubuh kita, sehingga baik dikosumsi oleh penderita gangguan ginjal.

6. Biji Kenari

Selanjutnya penderita infeksi ginjal bisa mengkonsumsi biji kenari guna membantu proses penyembuhan penyakit. Hal tersebut karena biji kenari mengandungn lemak omega 3 yakni lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi efek peradangan yang terjadi didalam tubuh termasuk pada bagian saluan kemih dan infeksi ginjal salah satunya.

7. Aneka Buah Berry

Hampir semua buah yang termasuk kedalam keluarga berry memiliki kandungan antioksidan tinggi sebagai penangkal radikal benbas dan melindungi berbagai organ penting dalam tubuh seperti jantung, hati dan ginjal.

Buah keluarga berry juga mengandung zat bernama tanin yang mampu menghambat infeksi peradangan pada tubuh termasuk infeksi yang terjadi pada ginjal dan salurah kemih lainnya. Dari beberapa jenis buah berry berikut ini buah berry yang paling bagus dikonsumsi oleh pederita infeksi ginjal yakni : buah lingonberries, cranberry dan blueberry.

Itulah daftar makanan yang dianjurkan bagi penderita infeksi ginjal karena memiliki manfaat yang baik dalam mengatasi peradangan akibat infeksi sehingga baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menderita penyakit ginjal. Namun jika anda ingin mengkonsumsi makanan tersebut sebaiknya terlebih dahulu anda mengkonsultasikannya dengan dokter.

Demikianlah informasi singkat tentang makanan untuk penderita infeksi ginjal yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, kritik dan saran dikolom yang telah kami sediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *