Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Salah satu hal yang tak kalah penting diperhatikan dalam proses penyembuhan penyakit jantung bengkak adalah makanan, dan berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita jantung bengkak yang baik dan disarankan dikonsumsi secara rutin oleh penderita kardiomegali yang tengah dalam masa pengobatan dan penyembuhan.

Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak Yang Disarankan

Jantung bengkak dalam istilah medis disebut dengan kardiomegali yaitu kondisi dimana jantung mengalami pembesaran sebagai akibat dari melonggarnya otot jantung ( dilated cardiomyopathy ) atau menebalnya otot jantung ( hypertrophic cardiomyopathy ) sehingga volume jantung lebih besar dari bisanya.

Indikasi atau gejala awal jantung bengkak adalah berupa pembengkakan bagian tubuh seperti kaki dan lengan, lingkap pinggang menjadi lebih besar, berat badan meningkat drastis, detak jantung tak beraturan, mudah lelah, napas pendek dan nyeri dada.

Bahkan pada kasus yang lebih parah penderita jantung bengkak bisa tak sadarkan diri atau pingsan.

Membengkaknya jantung bisa disebakan oleh beberapa faktor, yakni karena adanya infeksi di jantung, kelainan katup jantung, darah tinggi, penyakit jantung koroner, anemia, cuci darah pada penderita gagal ginjal, otot jantung lemah, infeksi HIV, faktor keturunan dan gangguan tiroid.

Dari beberapa penyebab tersebut, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner adalah dua hal yang sering mendasari penyakit jantung bengkak ( kardiomegali ) dan bahaya dari penyakit jantung bengkak sama dengan jantung koroner yakni bisa menyebabkan kematian jika tidak diatasi dan diobati dengan serius.

Untuk itu segera atasi dan temui dokter jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa gejala penyakit jantung bengkak, dengan begitu maka hal terburuk yang bisa terjadi akibat penyakit jantung bengkak bisa diatasi.

Tingkat keberhasilan atau sembuh dari penyakit jantung bengkak lebih tinggi jika pengobatan dilakukan sedini mungkin atau masih baru gejala awal, maka dari itu penting bagi kita mengenali dan mengetahui jantung bengkak.

Pengobatan kardiomegali dapat mencakup pemberian obat atau pembedahan, tergantung dari tingkat keparahan kondisi yang menyebabkannya. ( Baca : Cara Mengobati Kardomegali Secara Alami )

Nah bagi anda yang saat ini tengah menjadi proses pengobatan dan penyembuhan penyakit jantung bengkak maka seperti apa yang telah kami singgung diatas bahwa makanan menjadi salah satu hal yang harus di perhatikan, dimana konsumsi makanan yang sehat dan tepat dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit.

Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Berbicara mengenai makanan, berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk penderita jantung bengkak yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari guna membantu proses pengobatan dan penyembuhan penyakit, yakni :

1) Kacang Kacangan

Pertama makanan untuk penderita jantung bengkak adalah kacang-kacangan seperti kacang almond, kedelai dan kacang tanah, kedunya dapat meminimalisir pembesaran otot jantung serta menjaga fungsi kerja jantung.

2) Buah Yang Mengandung Antioksida Tinggi

Kandungan antioksidan dalam tubuh berguna untuk mengeluarkan racun dan radikal bebas dalam tubuh yang mana racun dan radikal bebas yang bersemayam dalam tubuh adalah sumber penyakit salah satu bisa mempengaruhi kinerja dan fungsi dari jantung.

Contoh buah yang mengandung antioksidan yang bisa dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak adalah tomat, jeruk, blueberry, apel dan anggur.

3) Sayuran

Aneka sayuran berwarna hijau seperti bayam, sawi dan brokoli adalah makanan untuk penderita jantung bengkak yang disarankan selanjutnya. Dianjurkan untuk memasak sayuran tersebut dengan tidak terlalu matang.

Brokoli dan bayam mengandung asam folat yang bagus untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

4) Makanan Yang Mengandung Omega 3

Kandungan Omega 3 merupakan lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung sehingga para kesehatan menyerakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 secara rutin jika ingin terbebas dari penyakit jantung.

Contoh makanan yang mengandung omega 3 adalah salmon, sarden, makarel dan tuna.

Makanan tersebut tentu baik dikonsumsi oleh anda penderita jantung bengkak namun pastikan dimasak dengan benar dan jangan sampai menambahkan terlalu banyak minyak atau santan yang justru berakibat tidak baik bagi jantung

5) Makanan Yang Mengandung Vitamin E dan Vitamin B6

Selanjutnya makanan untuk penderita jantung bengkak adalah makanan yang kaya akan kandungan vitamin E dan vitamin B6 ada bisa mendapatkannya dari buah-buahan seperti pisang dan alpukat serta pada biji-bijian yaitu gandum dan beras merah.

Itulah beberapa makanan untuk penderita jantung bengkak yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin untuk mencegah timbulnya gangguan jantung bengkak utamanya bagi anda yang saat ini tengah menjalani proses penyembuhan dari proses pengobatan yang sedang dijalani makanan tersebut tentu sangat diajurkan untuk dikonsumsi.

Demikianlah informasi tentang makanan bagi penderita kardiomegali ini semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat dan menjawa rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *