Manfaat Temulawak Untuk Lambung

Manfaat Temulawak Untuk Lambung.- Salah satu khasiat dan manfaat dari tanaman obat temulawak adalah bagus untuk penyakit lambung lalu apa saja penyakit lambung yang biasa diobati menggunakan temulawak ? berikut kami berikan informasinya untuk anda, silahkan disimak !

Manfaat Temulawak Untuk Lambung

Manfaat Temulawak Untuk Lambung

Temulawak atau yang memiliki nama latin Curcumin xanthorriza merupakan salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai obat yang ada di indonesia.

Sama seperti tanaman curcuma lainnya tumulawak juga memiliki kandungan senyawa turunan turunan kurkuminoid atau diarilheptan, monoterpen, dan sekuiterpen berjenis bisabolen.

Tidak hanya itu, temulawak juga memiliki kandungan tambahan yang menjadi pembeda dari jenis curcuma lainnya yakni minyak atsiri, pati, zat selulosa, mineral, protein, lemak, dan zat kuning yang disebut dengan kurkumin.

Salah satu manfaat dan khasiat dari temulawak adalah bagus untuk mengobatu berbagai gangguan atau penyakit lambung sehingga sangat baik dan bagus dikonsumsi oleh anda yang menderita penyakit lambung.

Dan berikut ini adalah manfaat temulawak untuk lambung, yakni :

1. Mengobati Asam Lambung Atau GERD ( Gastro Esophageal Reflux Disease )

Asam lambung adalah salah satu penyakit lambung yang sering dan banyak dialami oleh banyak orang yakni kondisi dimana naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Kondisi tersebut muncul sebagai akibat dari tidak bekerjanya otot esofagus bagian bawah ( LES ) dengan baik.

Dimana fungsi dari otot esofagus ini adalah sebagai pintu otomatis membuka dan menutup pada saat makanan atau minuman masuk pada lambung.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan otot esofagus tidak berfungsi dengan baik yakni : stress berlebihan, makanan berlemak, tidak makan dengan teratur, obesitas, merokok, memiliki riwayat penyakit diabetes, kurang tidur, mengkonsumsi kopi atau coklat berlebihan, dan lain sebagainya.

Ketika seseorang mengidap penyakit ini maka akan sangat terganggu karena biasanya penderita akan merasakan beberapa keluhan sebagai berikut, yakni :

  • nyeri dada, ulu hati, dan perut (seperti terbakar)
  • sering bersendawa dan sulit menelan makanan
  • rasa pahit dalam mulut dan meningkatnya jumlah air liur
  • perut kembung disertai mual dan muntah
  • saat malam hari tanpa henti mengalami batuk kering
  • bau nafas tidak sedap
  • peradangan pita suara/laringitis dan kerongkongan seolah-olah seperti
  • memiliki benjolan padahal tidak
  • gigi menjadi rusak.

Keluhan tersebutlah yang menyebabkan penderita asam lambung sangat tersiksa sehingga berbagai upaya ditembuh untuk terbebas dari penyakit asam lambung.

Salah satu hal yang bisa dilakukan sebagai pengobatan asam lambung adalah dengan mengkonsumsi ramuan temulawak yang mana ramuan temulawak terbukti dan diyakini mampu mengobati penyakit asam lambung.

Caranya bisa dengan mengkonsumsi rebusan air temulawak secara rutin.

2. Mengobati Tukak Lambung ( Luka Lambung )

Tukak lambung adalah kondisi dimana munculnya luka pada dinding lambung akibat dari terkikisnya dinding lambung oleh asam lambung.

Kondisi tersebut bisa dan rentang dialami oleh penderita penyakit maag yang tidak diatasi dengan serius sehingga lama-lama berkembang dan menimbulkan luka di lambung.

Jika kondisi tersebut dialami maka dapat memperparah penyakit maag sehingga sulit untuk disembuhkan.

Salah satu indikasi atau gejala seseorang mengalami tukak lambung adalah sebagai berikut, yakni :

  • mual dan muntah
  • turunnya nafsu makan
  • nyeri dada dan lambung
  • perut kembung
  • penurunan berat badan
  • gangguan pencernaan
  • tinja keluar bersama darah atau tinja berwarna hitam.

Mengkonsumsi secara rutin rebusan temulawak yang dicampur dengan daun salam secara teratus bisa menjadi solusi atau cara mengobati tukak lambung secara alami.

Ada beberapa kandungan senyawa turunan kurkuminoid dan beberapa kandungan lainnya membuat temulawak baik dikonsumsi oleh penderita tukak lambung.

3. Mengobati Radang Lambung dan Dispepsia

Radang lambung ( Gastritis ) dan dispepsia merupakan salah satu jenis penyakit maag, yang membedakannya adalah letak bagian lambung yang mengalami peradangan.

Kedunya penyakit yang sudah disembuhkan total sehingga apabila ada pemicunya penyakit ini bisa kambuh kapan saja dan dimana saja utamanya jika sering makan tidak teratur maka penyakit ini akan sering kambuh.

Berikut ini adalah beberapa ciri kedua penyakit tersebut kambuh, yakni :

  • nafsu makan berkurang
  • nyeri pada perut
  • kembung dan mual
  • sering bersendawa
  • terasa sakit saat buang air besar
  • sering merasa lapar

Rebusan temulawak bisa menjadi obat jitu ketika penyakit gastritis atau dispepsia kambuh, bahkan jika dikonsumsi secara teraturan dengan aturan yang baik temulawak bisa menyembuhkan jenis penyakit maag tersebut.

4. Mengobati Tumor Dan Kanker Lambung

Temulawak sangat direkomendasikan untuk penderita tumor dan kanker lambung mengingat kandungan Kurkumin yang terkandung didalamnya dapat membantu menghambat penyebaran kanker dan tumor.

Berikut ini adalah ciri atau gejala tumor dan kanker lambung yakni :

  • nyeri perut bagian atas
  • mual dan mulas
  • penurunan nafsu makan.

Pada kasus yang lebih parah tumor dan kanker lambung bisa menyebakan penderita mengalami muntah-muntah, penurun berat badan, penyakit kuning dan tinja berwarna hitam.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengobatan tumor dan kanker lambung maka sebaiknya penggunaan temulawak dikombinasikan dengan kunyit.

Dikonsumsi secara teratur jangan berlebihan karena jika berlebih bisa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Untuk itu sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter jika anda ingin mengkonsumsi temulawak.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan

Temulawak terbukti mengandung protein yang diperlukan dalam proses metabolisme tubuh, salah satu tanda metabolisme berjalan dengan baik adalah lancarnya proses pencernaan, penyerapan nutrisi, dan pengelolaan zat atau asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Lambung merupakan salah satu saluran pencernaan sehingga temulawak juga dapat membantu memperlancar pencernaan pada lambung.

Nah itulah beberapa manfaat temulawak untuk lambung ini semoga bermanfaat dan bagi anda yang saat ini memiliki gangguan lambung seperti apa yang telah kami sampaikan diatas maka tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda mengkonsumsi temulawak untuk mengobatinya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan dikonsumsi secara berlebih karena bisa menimbulkan efek samping.

Cara yang paling bijak sebelum memutuskan melakukan pengobatan dengan temulawak adalah dengan terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta petunjuk dokter.

Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhan kami ini dan salam sehat.

Manfaat Temulawak Untuk Lambung

Post By
www.agengamatwalatra.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *