Pantangan Ginjal Bengkak

Pantangan Ginjal Bengkak .- Jika saat ini anda terdiaknosa menderita penyakit ginjal bengkak maka berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita ginjal bengkak sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit ginjal bengkak agar tidak semakin parah serta proses pengobatan dijalani mendapatkan hasil maksimal.

Pantangan Ginjal Bengkak

Hidronefrosis ( ginjal bengkak ) adalah kondisi dimana terjadinya penumpukan urine disalah satu atau kedua ginjal hal tersebut muncul akibat dari urine tidak bisa dikeluarkan menunju kandung kemih.

Penyebab adalah karena terjadinya penyumbatan di salam saluran uriter yang mengakibatkan urine tidak dapat keluar bahkan kembali naik ke ginjal, akibatnya ginjal penuh dengan urine dan mengalami pembengkakan.

Indikasi atau gejala ginjal bengkak yang umumnya dialami oleh hampir semua penderita adalah berupa kemauan buang air kecil yang meningkat sehingga akan sering buang air kecil. Dalam kasus yang lebih parah penderita akan mengalami muntah, mual, demam, urine tidak keluar seluruhnya, nyeri di panggul atau perut, dan nyeri saat buang air kecil.

Segera temui dokter dan lakukan pengobatan yang cepat dan serius ketika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Komplikasi atau bahaya yang bisa muncul ketika penyakit ginjal bengkak tidak segera diobati adalah bisa menyebabkan kerusakan pada organ ginjal sehingga fungsi dari ginjal menjadi terganggu bahkan kerusakan yang terjadi bisa bersifat permanen ( gagal ginjal ).

Jika hal tersebut sampai dialami maka nyawa penderita akan terancam dan penderita harus menjalani cuci darah semumur hidupnya yang mana hal tersebut tidaklah mudah dan murah.

Selain kerusakan ginjal, penyakit ginjal bengkak juga bisa menyebabkan penyumbatan saluran kemih, abses ginjal, sakit jantung dan stroke hingga sepsis ( infeksi darah ) yang bisa menyebakan kerusakan para organ penting lain dalam tubuh.

Mengingat sangat berbahanya komplikasi yang ditimbulkan maka penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat perlu dilakukan jika saat ini anda atau orang terdekat anda terindikasi menderita penyakit ginjal bengkak.

( Baca : Cara Mengobati Ginjal Bengkak Secara Alami )

Salah satu hal yang mesti diperhatikan dalam proses penyembuhan dan pengobatan penyakit ginjal bengkak adalah tentang makanan yang dikonsumsi, jangan sampai makanan yang tidak baik malah anda konsumsi yang justru dapat menurukan kesehatan anda serta membuat penyakit yang diderita semakin parah.

Untuk itu penting bagi anda penderita ginjal bengkak memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan mengetahui apa saja pantangan ginjal bengkak yang tidak boleh dikonsumsi.

Pantangan Ginjal Bengkak Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Berikut ini adalah daftar pantangan ginjal bengkak yang mesti dihindari dan dilarang dikonsumsi oleh anda penderita ginjal bengkak agar penyakit yang anda derita tidak semakin parah dan proses penyembuhan yang dijalankan membuahkan hasil terbaik sehingga anda bisa sembuh dengan cepat.

1. Makanan Mengandung Karbohidrat Tinggi

Salah satu jenis makanan yang sebiaknya dihindari oleh penderita ginjal bengkak adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi contohnya nasi putih.

Makanan dengan kadar karbohidrat tinggi akan mengharuskan tubuh kita mensekresi banyak gula sehingga berdampak pada berubahnya kadar gula darah di dalam tubuh. Ketika ginjal kita mengalami masalah maka tinggi kadar gula dalam tubuh bisa memicu banyak masalah.

Contoh makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi yang sebaiknya dihindari oleh penderita ginjal bengkak : mie instan, jangung dan gandum.

2. Telur

Telur termasuk kedalam salah satu pantangan ginjal bengkak karena mengandung protein tinggi yang mana akan sulit disaring oleh ginjal sehingga jika telur dikonsumsi akan membuat kinerja ginjal semakin yang justru akan memperburuk keadaan ginjal.

3. Umbi-umbian

Umbi-umbian seperti singkok dan ubu dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita ginjal bengkak, selain mengandung gula umbi-umbian juga mengandung protein.

4. Daging

Sepertihalnya telur aneka macam daging juga mengandung protein tinggi yang sulit dicerna oleh ginjal sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal bengkak.

4. Keju

Salah satu olahan susu yang sebaiknya dihindari oleh penderita ginjal bengkak adalah keju sebab keju mengandung kalium dan fospor serta potasium yang tidak baik untuk kesehatan ginjal.

5. Cokelat

Sama halnya dengan keju, cokelat juga mengandung fosfor dan potasium tinggi yang sulit dicerna dan dikeluarkan oleh ginjal sehingga lama lama kelamaan akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan gagal jantung karena kandungan poatsium akan melemahkan denyut jantung.

6. Buah-Buahan

Pada dasarnya buah baik untuk kesehatan namun bagi yang menderita penakit batu ginjal justru buah sebaiknya dikurangi karena buah banyak mengandung mineral dan juga potasium.

Contoh buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi penderita ginjal bengkak : semangka, jeruk, alpukat, pepaya, dan pisang. Terlebih seperti pisang mengandung banyak kalium.

7. Gorengan

Makanan yang goreng juga sebaiknya dihindari oleh penderita ginjal bengkak karena kandungan minyak berlebih dalam gorengan bisa membuat terjadinya keracunan asam dalam lambung karena ginjal akan menolak mencerna. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang direbus dan dikukus.

8. Makanan Yang Diawetkan

Saat ini sudah semakin banyak makanan yang mengandung bahan pengawet yang justru tidak baik dikonsumsi oleh penderita ginjal karena umumnya makanan yang diawetkan mengandung sodium dan potasium yang justru bisa menjadi racum yang ampu untuk memperparah kondisi ginjal.

Contoh makanan yang mengandung bahan pengawet : sosis, sarden dan cornet.

9. Garam

Makanan dengan kandungan garam banyak akan memperbanyak produksi air dalam tubuh serta tidak dapat dicerna oleh ginjal, atas alasan tersebutkah penderita ginjal bengkak jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam.

Makanan banyak garam juga dapat memicum tekanan darah tinggi di mana dapat memperparah ginjal. Itulah mengapa penderita ginjal bengkak wajib mengatur tekanan darah agar tetap normal.

Itulah daftar pantangan ginjal bengkak yang sebaiknya dihinari dan tidak dikonsumsi oleh para penderita ginjal bengkak agar penyakit yang diderita tidak semakin parah serta pengobatan dan penyembuhan yang sedang dijalani bisa membuahkan hasil maksimal.

Demikianlah informasi tentang pantangan ginjal bengkak yang bisa kami berikan, semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjungan dihalaman kami. SALAM SEHAT !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *